Kidung Rumeksoingwengi sunan kalijaga



Lanjut telaah filosofis kidung ya. Bait kedua nih. Napasku nabi Ngisa linuwih. Daya nabi Isa dinyatakan sbg nafas. Dia lahir tanpa ayah. Hidup n kekuatan jibril dlm dirinya selalu aktif. Dlm pandangan Jawa, tiap org sbnrnya didampingi jibril

Jibril bukan sbg malaikat yg terpisah dr manusia, tp mrpkn saudara manusia. Tp tdk setiap orang dpt menghubungi jibril tsb. Sebagaimana setiap org dikaruniai akal, tp tdk semua org dpt menggunakan akalnya. Nabi Isa menghidupkan org mati. Itu tjd krn diperkuat roh kudus, jibril

Nafas berfungsi sbg tali tubuh. Kekuatan nafas memengaruhi daya kekuatan jasmani. Makin menguasai nafas, makin tenang. Mengendalikan emosi dg kelembutan. Ada nafas, tanafas, anfas dan nufus. Nafas adl titian tubuh. Ada di hati suweda. Yg menjembatani pikiran suci. Mengandung CO

dg keluarnya zat asam arang dari tubuh, pikiran jd jernih.
Tanafas adl tali hati. Yg mengikat hati siri/rasa. Di daerah pusar. Wujudnya udara segar yg masuk dlm tubuh. Menarik nafas dlm2, memasukkan oksigen. Shg daya dan tenaga baru dihasilkan. Anfas adl tali roh. Di jantung.

Sbg udara yg ada dlm tubuh. Hembuskan nafas, tarik nafas, tahan sejenak di dlm, baru lepaskan perlahan. Udara yg ada di dalam ketika ditahan inilah anfas. Nufus adl tali rasa. Di tengah jantung. Beraura putih. Sbg jembatan jantung, menghubungkan rasa dg atma. Bergerak kiri kanan

Meliputi jasmani rohani, darah yg kaya oksigen keluar dr ventrikel kiri jantung melalui pembuluh aorta, beredar ke seluruh bagian tubuh.
Tak ada praktik bedah ala kedokteran tapi sunan kalijaga tahu dg benar. Inilah yg disebut NGELMU. Nafas hrs dilatih. Dg semedi, manekung

Meditasi, dzikr, sholat. Byk ulama tarekat menyusun tata cara dzikr/meditasi. Termasuk di nusantara. Diadaptasi sesuai alam,postur tubuh. Nabi&rasul dianugerahi daya kekuatan besar. Dg org2 mengenang, menyebut2 namanya, bertambahlah daya Daya nabi yakub &daud pendengaran&suara

**

Membasmi hama di sawah dg pestisida selain membunuh makhluk hidup juga py efek samping negatif. Dg kidung rumekso ing wenginya sunan kalijaga, hamanya yg tdk mau mendekat.

Ada bbrp faktor yg memengaruhi kemanjuran doa:alam tak sadar pendoa,harapan kecemasan, keyakinan, pengalaman. Pglmn positif yaitu merasa doanya terkabul, membuat orang yg berdoa semakin yakin hasilnya. Tentu saja asal tidak melanggar asas .

Doa py kesakralan, kesucian. Tak layak utk dipamerkan. Juga tdk perlu coba2. Poso mutih &nawa sbg tirakat/thariqah yg membersamai #doa justru hrs dilakukan saat tdk dlm kesulitan hidup. Manfaatkan kesempatan sblm datangnya kesempitan. Laku tirakat penting sbg pendahuluan.


allâhumma innî a'ûdhu bika min al-hammi wa-l-hazan, wa-l-'ajzi wa-l-kasal, wa-l-jubni wa-l-bukhl, wa dal'i-d-dayni wa ghalabati-r-rijâl.
Mukhtasar Al-Bukhârî n° 1234.

Filosofi rumekso ing wengi sunan kalijaga: Hayyu dlm bhs arab dibaca dg lidah jawa jd kayu. Benih hidup disebut sbg pohon ajaib. Tanah angker, krn hy layak ditanami jk dlm keadaan suci. Liang landak, gua org, tanah miring, sarang merak, kandang smua badak simbol organ perempuan

Keringnya batu &lautan simbol sperma&sel telur. Keselamatan bukan hy sekadar bebas dr petaka, tp juga wujud manunggalnya daya para nabi&sahabat dlm badan manusia yg menghadirkan kidung tsb. Adam dihadirkan sbg hati. Krn hati tempatnya rasa. Letak hidup & ingsun itu dlm rasa.




Post Navi

Posting Komentar

0 Komentar