Beberapa Panel di Festival Literasi dan Pameran Buku Patjar Merah Semarang lainnya:
- kelas menulis anak bareng reda gaudiamo
- Bercerita lewat Foto Travel
- Leak Tegal Sirah Indonesia Tera
- Peran dan Dinamika Komik di Indonesia
- Membawa Karya ke Kancah Internasional
- Menulis Solo atau Duet
- Personal Branding
- Selama Toko Buku Masih Ada
- Merawat Toleransi Lewat Literasi
- Melupakan Aturan Menulis
- Berbahasa Indonesia dengan Riang Gembira
- Mencuri Karya Dari Maestro
- Di balik panggung pertunjukan
Panelis kali ini dari Tokopedia, cerita tentang Design process.
beberapa fasenya adalah:
Empathize
Define
Ideaate
Prototype
Test
Fase story telling
Berempati, sharing insights, ngobrol dg ibu2 di warung, etnografi, ngikuti kegiatan ibu2 sehari2, turun ke lpgn, riset pengguna
Hrs tahu siapa pengguna produk
Bukan berdsar asumsi
Byk observasi, riset
Connecting inter dot
Sharing brainstorming dg stakeholders, makers, coder
Dr awal sdh identifikasi
Storytelling adlh kunci
Komunikasi lewat cerita2, bukan fakta2
Bedanya apa dg fakta di tenpat lain
Insight2
3 minggu etnografi seharian dg real user
Menggali kenapa mrk bersikap A atau B
Budaya indonesia nilai2 yg tak bs dihilangkan. Dibawa ke dlm desain
Ngobrol2 ternyata disukai oleh customer indonesia
Jd gmn cara penjual tdk repot, tp pembeli puas
Improvement desain, hrs dilemgkpi
Byk bertanya kenapa
Fase define
Bayangkan visi produk spt apa
Buat dokumen utk dikerjakn bersama
PRD
Product requirement design
Context
FAQ
Proposed strategy
Product roadmap
Appendix,data2 pendukung
Rencana2 ini sambil berjalan bs berubah
Write w/out fear
Edit w/out mercy
Bikin konteks spt bikin kasus, kenapa ini bermasalah
Kupas dulu
Metode bs via survey,interview, shg ketahuan mslhnya apa
Jk dilakukan perubahan experinece, apa dampak efeknya
Hipotesis mulai dibangun
Fase ideate
Bikin solusinya juga dg cerita
Bikin storyboard
Dimulai dr pglm org
Ada skenario2 yg disiapkan
Mempelajari perilaku2 n kebiasaan2 org, desainnya merespon hal2 tsb
Hipotesis2 divalidasi
Bbrp solusi bs difollow up dg iterasi2 yg beda
Sesi brainstorming
Mengenalkan insentif tp tdk ngrepoti
Wireframe
Home
Inbox review
Write review, ty berdsr star
Penulis membuat tone of voice, karakter, bgm cara mengatakannya
Bisa dg cara excited atau polite
Dibuat sesuai personality
Dlm proses byk banget hal2 yg mengharuskan bercerita, memyampaikan ke org lain
Tantangannya:
Berpikir terstruktur
Strukturkan pemikiran
Latihan terus
Krn stakeholders bule, jd hrs bs bhs inggris
Kepercayaan diri bs kurang kalau tdk cakap bhs inggris, tdk bs meyakinkan org lain, meskipun idenya bagus
Praktik2, buku2 msh byk bhs inggris
Bgm mengasah kemampuan #storytelling
Mengasah storytelling
Membaca, menulis
Vocab jd lbh byk, bercerita lbh mudah
Belajar dr cara org lain bercerita
Artikulasikan dg baik apa yg kita maksud
Tumpahin dulu, edit belakangan
Yg rajin baca n nulis, artikulasinya lbh bagus, ide2 yg diimajinasikan bs disampaikn dg bagus
Scanshot kyk infografis
Nulisnya bs dg gaya macem2, yg penting menstrukturkan
Berempati
Dr observasi,build relationship
Bukan hy saat presentasi baru tahu, tp sdh komunikasi sblmnya, pahami apa yg relate orla
Brlatih di keseharian
Jgn take it for granted
Kalau sdh tahu,bs lgs
Ngobrolnya jgn disingkat, musti beri konteks dulu. Ceritain dulu.
Ask 5 whys
Plus amati behaviour
5 responden biasanya mewakili user, asal personanya tepat
Translate lucu dr chat, bikin susah atau justru bs jd gimmick?
AI belajarnya hy dr yg dikasih
Machine learningnya msh berproses
Hrs ada prioritas
Personalize di awal atau di akhir, tergantung kasusnya
Validasi dulu flow baru bs capai tujuan atau tdk
MVP end to end bs dipakai, tp user sdh dpt valuenya
2 pendekatan scr akademik
Product engineering, fungsionalnya
Product design, estetis
Caranya Kolaborasi
Msg2 tim py otonomi
Saat buat PRD, engineering sdh ikut
Ngobrolnya hrs dr awal, shg tahu limitasi, probability
Sbnnrya semua probable tp tergantung waktu, cost dll
Retensi tdk boleh dr sekian detik dll teknikal sdh dibahas di depan,sdh ada kontrak bareng, stlh itu bahas schedule
1 sprint 2 minggu.
Krn semua paham sejak awal, maka saat jalan sampai launch, tdk ada drama
Tempat duduknya satu lantai, ngobrolin per team
Per mimggu ngomomgin progress antar tim
User feedback bs dg rate promoted score rps, dll
Efektifitasnya tgt mslh,target,memtal model org
Mental model. Ex: merah kuning hijau. Merah identik dg stop
Familiriaty Ex bintang smiley
Audiencenya siapa
Konteksnya apa
Apakah icon bintang lbh baik drpd smiley? Tergantung
Kalau berhbgn dg milenial, cenderung ke style
Org2 design kdg thinking process kdg kurang. Kenapa layout nya rata kiri, knapa begitu, begini dst
Story telling is Unicorn skill
Cara kita mendengarkan, jd pembelajaran, connecting dots utk menjahit cerita, menyampaikan pd orla
Krn berkaitan dg cara berpikir
Kosa kata
Cara menyampaikan ide2
Design leaders dr south asea, pinter2 bgt bercerita, segala macam diceritakan
Cara mempresentasikan, cara menjual diri,cara bercerita
Designer indonesia kurang jago nulis,bercerita
Kompetitor adl org2 fasih cerita
Ternyata storytelling masuk ke Semua lini. Bahkan dlm startup, product tech dll
Ada engineer yg pintar coding, tp py kemampuan storytelling hebat
Dropbox base.nya storytelling nya juga bagus
Utk dpt engineer yg bs storytelling, ngecoach org lama&rekruit org2 baru yg py skill
Ubah budaya shg beri kesempatan org2 utk bercerita
Beri kesempatan presentasi utk msg2
Belajar tersttuktur
Kasih teladan
Ada yg kalau dpt kritik, malah jwb dg malas, lgs beri feedback lgs
Memberi konteks dlm rangka agar smua bs menjelaskan
Tdk sekedar pintar bercerita, tp hrs py kemampuan analisis dan critical thinking. Jd py justifikasinya
Critical thinking utk mencari insight dll
Kelihatan dr cara menjelaskannya bisa urut, tdk lompat2
Yg bener belajar, ada actionnya, bs cerita yg dia tahu
0 Komentar